Kamis, 18 Oktober 2012

Cara Effesien Membuat Catatan

Membuat catatan yang ringkas dan effesien merupakan persoalan bagi siapapun yang pernah duduk dibangku sekolah. Ada cara yang dapat digunakan untuk membuat catatan menjadi lebih informatif, lebih mudah dimengerti, dan effesien yaitu :

Metode Tradisional
Yang dimaksud dengan metode teradisional disini adalah teknik peringkasan catatan atau yang paling populer saat ini adalah sistem penulisan singkat, yaitu penyingkatan kata menjadi simbol-simbol sehingga kita dapat menulis secepat membaca atau secepat berbicara.

Menggunakan Kata Kunci
Peneliti dari Universitas Exeter dan sejumlah peneliti lainnya telah melakukan studi tentang teknik membuat catatan yang paling effektif dan effesien. Ternyata dari hasil penelitian menunjukan bahwa catatan yang effektif dan effesien adalah catatan yang paling sedikit memuat kata kunci.

Kata kunci didefinisikan sebagai kata yang mencakup isi materi bahasan secara paling singkat dan paling gampang untuk diingat. Penemuan ini cukup mengagetkan karena ternyata pikiran kita dapat mengingat simbol lebih baik dibandingkan dengan kalimat atau kata-kata. Dan ternyata dari semua yang kita dengar, ucapkan, dan lihat, hanya sekitar 1% sampai dengan 10% saja yang merupakan kata kunci.

Suatu cara lain untuk memahami kerja otak anda yang sebenarnya adalah dengan membayangkan bagaimana pikiran anda diorganisisr ketika sedang menceritakan suatu kejadian kepada orang lain. Dalam proses penceritaan tersebut tentulah anda sebenarnya tidak mempersiapkan seluruh kalimat yang akan diucapkan, melainkan hanya mengingat gambaran umum atas suatu peristiwa yang akan diceritakan dan kemudian mengembangkannya menjadi lebih detil.

Membuat Catatan Secara Kreatif
Karena hanya sekitar 10% saja kata kunci dari suatu wacana, maka pencatatan kata-kata kunci akan menghemat sekitar 90% catatan kita dan kecepatan menulis akan meningkat 10 kali lipat. Disamping itu daya panggil otak kita juga akan meningkat drastis karena tidak perlu mengingat kata-kata yang tidak penting.

Cara membuat catatan singkat yang memuat kata kunci dan penyingkatan kalimat, dapat dikombinasikan dengan penambahan simbol-simbol, pewarnaan, pengambaran 3 dimensi, variasi ukuran, pembuatan garis besar, garis bawah dan sebagainya....

Kreativitas dan Struktur Otak
Label: Meningkatkan Kinerja Otak 

Hampir semua orang sebenarnya memiliki daya kreativitas yang lebih besar dari yang ia bayangkan. Berikut uji kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas anda secara sederhana. Ambilah secarik kertas kosong dan kemudian tulislah sebanyak mungkin fungsi kegunaan dari penjepit kertas dalam jangka waktu 2 menit.

Setelah selesai bagi jumlah daftar kegunaan yang anda telah tulis dengan angka dua. Misal anda membuat 10 daftar kegunaan penjepit kertas dan kemudian dibagi dua, maka hasilnya adalah kecepatan rata-rata kemampuan anda dalam mebuat daftar kegunaan penjepit kertas yang dapat anda ingat selama satu menit.

Kreativitas merupakan aktivitas (pikiran) yang kebanyakan orang menganggapnya sebagai aktivitas mental yang kurang berkembang. Ini tidak mengherankan karena otak kreatif kita jarang dilatih (baca artikel sebelumnya). Setiap aktivitas yeng melibatkan imajinasi, warna, irama atau bentuk sering dilecehkan dan dianggap sebagai kegiatan yang tidak bermanfaat. Padahal aktivitas yang melatih otak kiri (mengambar, membaca, mewarnai, bernyanyi, dsb) dapat meningkatkan daya kreativitas.

Latihan Kreativitas
Sediakanlah sebuah kertas putih dan buatlah gambar suatu benda yang disekelilingnya akan anda buat ide-ide kreatif. Lalu dengan mengerahkan segala kemampuan anda, hubungkanlah gambar tengah tersebut dengan sebanyak mungkin ide yang bisa didapat dari kepala anda (Brain Storming).

Sewaktu melakukan latihan ini, usahakan setiap ide yang dituliskan disekeliling gambar tersebut, terpisah dengan jelas satu sama lain agar otak anda lebih lancar menghasilkan ide-ide lain.

Brain Pattern
Dari hal diatas dapat diketahui bahwa sebenarnya ide-ide yang dimasukkan dan dipanggil dari otak anda tidak dalam bentuk kalimat atau daftar kata-kata. Melainkan dalam bentuk kata kunci

Melatih Kemampuan Matematika
Label: Meningkatkan Kinerja Otak 

Sebenarnya kemampuan Matematika seseorang tidaklah dipengaruhi oleh ras, suku, ataupun jenis kelamin seseroang melainkan dipengaruhi oleh teknik, praktek, dan memory.

Teknik Pengerjaan
Seseorang yang mempunyai kecedasan yang sama akan berbeda kemampuan Matematikanya jika salah satunya mempunyai teknik tertentu dalam mengerjakan perhitungan Matematika.

Latihan Secara Terus - Menerus
Para ahli Matematika mengakui bahwa bukan hanya teknik yang diperlukan dalam menguasai Matematika atau bilangan, melainkan juga latihan yang sunguh-sungguh. Kemampuan Matematika merupakan suatu keahlian, dan membutuhkan latihan agar otak terbiasa dan akrab dengan aspek pengerjaan Matematika

Teknik Mengingat
Para ahli Matematika juga mempunyai teknik dalam mengingat rumus didalam otaknya. Bukan berarti mereka mempunyai daya ingat yang sangat kuat, melainkan teknik mengingat yang dapat membuat kemampuan menjadil lebih optimal.

Ada beberapa permainan Matematika yang sangat berguna untuk mempertajam dan melatih kecerdasan dan kemampuan Matematika yaitu permainan komplemen 100, kelipatan dua, dan bagi dua.

Contoh 1 : Dalam permainan komplemen 100, sebutkan suatu angka misalnya angka 64, dan tanyakan kepada teman anda komplemen 100 dari angka tersebut, kemudian lakukanlah secara bergiliran sehingga anda mampu menyebutkan komplemen 100 dari suatu angka dengan cepat.

Contoh 2 : Dalam permainan kelipatan dua. Sebutkan sebuah angka dan suruhlah teman anda untuk menyebutkan hasil pengalian angka tersebeut dengan angka dua, dan lakukan secara bergiliran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar