Jumat, 17 Mei 2013

Cara Masak yang Benar untuk si Darah Tinggi


Bagi penderita darah tinggi diharuskan untuk mengurangi konsumsi garam. Namun, makanan yang diolah tanpa garam mungkin kurang terasa nikmat.

Itu sebabnya, Ahli Gizi, Neelanjana Singh dari Heinz Nutri Life Clinic, Delhi memberi tips cara membumbui masakan tanpa garam. Seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (19/4/2013).
"Pembatasan asupan garam merupakan anjuran umum dalam segala bentuk pengobatan untuk tekanan darah tinggi," kata Singh.
Singh berpendapat, penderita hipertensi yang terbiasa dengan garam pada masakannya mungkin sulit untuk mengurangi secara tiba-tiba. Tips berikut diharapkan bisa membantu lidah beradaptasi dengan makanan tanpa garam.

Singh menyarankan agar tidak terlalu lama memasak sayuran karena bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa.
"Jangan terlalu lama memasak sayuran. Maksimalnya rasa yang bisa dipertahankan ketika sayuran matang hanya sampai lembut dan renyah, tapi bukan lembut dan lembek. Terlalu lama memasak juga menghancurkan pigmen (warna) makanan dan membuatnya terlihat tidak menimbulkan selera. Warna makanan yang terawat membuatnya terlihat menarik."

Lebih lanjut ia mengatakan dibanding menambahkan garam pada sayuran saat memasak, lebih baik menambah sedikit gula. Itu membantu untuk menambah rasa sayuran.
Perendaman potongan sayuran dalam air pemutih juga harus dihindari karena menghilangkan banyak rasa dan nutrisi.

"Herbal dan rempah-rempah dalam kombinasi berbeda tidak hanya meningkatkan rasa makanan, tapi juga mengurangi kebutuhan untuk menambahkan garam," ujar Singh.
"Daun segar seperti mint, daun kari, ketumbar, dan peterseli, sangat membantu meningkatkan rasa. Begitu pula rempah-rempah, seperti kayu manis dan merica yang bantu meningkatkan rasa saat garam dikurangi," paparnya.

Menurut Singh, bubuk bawang putih adalah bahan yang sangat baik dalam hal tersebut. Cuka berasa, seperti cuka bawang putih atau cabai bantu mengimbangi kandungan garam rendah, bila diperlukan.
Cara lain untuk menambah rasa pada makanan adalah menambahkan minyak sehat.
"Bisa juga menambah rasa dan aroma pada makanan rendah garam dengan menggunakan minyak berasa. Minyak wijen dan minyak zaitun adalah contoh minyak yang harus digunakan bukan minyak kedelai yang tidak berasa," jelas Singh.

Dan untuk memaksimalkan rasa makanan tanpa menambahkan garam adalah dengan kombinasi yang tepat dari ramuan atau bumbu dengan makanan.
Misalnya, rasa mint akan cocok dengan kacang polong atau kedelai untuk melengkapi rasa sayuran berdaun hijau.

Yuk share / bagikan dan berikan komentar yang bermanfaat

Ibu rumah tangga yg berhasil mengubah hidupnya, dari penghasilan mulai 50rb, 200rb, 2jt, 4jt, bahkan kini mencapai 100jt/bulan, mau tau caranya ?? baca kisahnya disini ya...
www.rahasianadiameutia.com/?id=homeconcept&s1=FPAisyah1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar