Minggu, 19 Mei 2013

~ Hidup Sehat Versi Islam :



Rasulullah SAW menganjurkan agar mendinginkan makanan atau minuman sebelum dimakan atau diminum Dengan sabdanya : “Dinginkan makanan dan minuman kamu sesungguhnya tidak ada kebaikan pada makanan/minuman yang panas. ”
(HR. Al-hakim dan Ad- Dailami).
Mendinginkannya tidak dengan ditiup dengan nafas karena ini juga dilarang oleh NAbi SAW. (HR Ibnu Majah) Dalam bidang Gastroenterologi diketahui bahwa makanan yang panas dapat menyebabkan permukaan pada selaput lendir saluran cerna yang menyebabkan rasa sakit, perih, rasa panas, kembung, rasa penuh, mual, rasa seperti diiris Dll.

Dan juga disarankan supaya waktu makan sebaiknya memakai tangan, karna makan dengan memakai tangan sangat banyak mamfa'atnya, diantara nya: Pada tangan kita ada suatu zat yang dapat memudahkan makanan cepat basi..sehingga dengan makan memakai tangan, makanan tersebut akan mudah decernankan oleh pencernaan kita. dll
Dan begitu juga kalau seorang Ibu memberi makan anaknya, alangkah lebih baik dengan memakai tangan, karna setiap kali siIbu menyuapin anaknya, pastilah jarinya akan dihisap oleh sang anaknya.. sehingga dengan terhisap jari siIbu, hubungan emosional antara Ibu dan anak tersebut akan lebih erat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar