Jumat, 17 Mei 2013

Hilangkan Bau Amis dalam Kulkas, Gunakan Arang!


IKAN segar bila tidak segera habis tentu harus disimpan dalam kulkas. Tentunya ini dapat menimbulkan bau yang sulit dihilangkan.
Ikan merupakan bahan makanan dengan kondisi yang gampang berubah. Setelah dipanen, ikan mudah menjadi busuk dan berbau. Aromanya bahkan dapat menempel di kulkas.

Anda bisa menghilangkan bau amis ikan pada kulkas dengan langkah-langkah berikut, seperti diulas Wikihow:

Gunakan baking soda

Isi ember dengan satu liter air hangat, tuang sabun, dan aduk rata. Sebaiknya gunakan sabun cuci piring karena bekerja lebih baik. Takar ¼ cangkir baking soda, aduk rata agar tercampur. Baking soda atau dikenal pula sebagai natrium bikarbonat dapat menetralkan bau yang bersifat asam atau basa dan mengembalikan keseimbangan pH lemari es. Jika Anda memiliki lemari es yang besar, maka takaran resep dibuat dua kali lebih banyak agar bau bisa hilang secara maksimal.

Keluarkan makanan dan perhatikan kondisinya

Keluarkan semua makanan dari kulkas dan letakkan di dalam kotak atau meja terdekat. Lihat pula tanggal kedaluwarsa dan kondisi makanan. Bila masih baik maka bisa disimpan kembali, tetapi bila susah tidak layak konsumsi segera buang.
Makanan yang telah kedaluwarsa bisa juga menjadi penyebab kulkas menjadi bau. Keluarkan rak dan wadah-wadah dari kulkas yang memungkinkan tempat melekatnya tetesan air dan aroma tidak sedap dari ikan. Rendam rak di wastafel sebelum dicuci jika keadaannya sangat kotor atau jika ada makanan beku yang menempel.

Gosok dengan spons kasar untuk noda membandel

Ambil spons dan olesi permukaan kulkas dengan cairan pembersih yang telah dibuat tadi. Gunakan cairan baking soda ke sudut-sudut yang sulit dibersihkan. Pakailah sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda.
Bersihkan pula langit-langit kulkas. Gosok sisa noda yang masih menempel di lemari es menggunakan spons dengan sisi kasar. Ambil handuk kering dan lap setiap bagian kulkas yang masih basah hingga kering agar tidak kembali mengumpul dan membeku.
Percikkan cairan ekstra vanili ke handuk kertas dan lap ke seluruh permukaan kulkas, khususnya yang bersentuhan langsung dengan ikan. Tutup pintu kulkas dan biarkan mengering. Masukkan kembali rak dan makanan ke dalam kulkas.

Tip: Jika bau ikan masih ada, keluarkan rak dan letakkan surat kabar yang telah dihancurkan ke area-area yang kosong di dalam kulkas. Tempatkan briket arang di atas kertas koran yang hancur secara merata. Biarkan selama 24 hingga 48 jam lalu keluarkan arang dari kulkas.

Cara lain, letakkan semangkuk baking soda atau langsung dengan kotaknya yang telah terbuka ke dalam kulkas yang dihidupkan untuk mencegah bau tidak sedap di kemudian hari. (okezone~31/1/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar