Kamis, 18 Oktober 2012

GOSOK GIGI DENGAN CARA YANG BENAR

Banyak cara gosok gigi yang bisa diterapkan, namun menurut pengamatan dan pengalaman saya cara menggosok gigi yang benar dan paling mudah diingat adalah dengan mengingat Sang Saka Merah Merah Putih. Mengapa ?
1. Karena arah gerakan gosok gigi selalu dari bagian berwarna merah (gusi) ke arah bagian berwarna putih (gigi), baik untuk rahang atas dan rahang bawah, untuk permukaan yang menghadap pipi dan bibir serta permukaan yang menghadap lidah. Untuk permukaan kunyah gerakan menjadi keluar masuk dengan sedikit putaran.
2. Gerakan dilakukan searah poros gigi dari gusi menuju ke permukaan gigi dengan sedikit putaran awal dan tekanan ringan saja.
3. Lama menggosok secara keseluruhan biasanya sekitar 2-3 menit.
4. Pilihlah sikat gigi dengan ukuran sesuai dengan mulut kita masing-masing dengan ujung sikat cukup kecil supaya mudah mencapai sudut belakang mulut., dan berbulu skat halus sehinggga tidak melukai gusi atau membuat permukaan gigi aus.
5. Kumur sesudah gosok gigi cukup 1-2 kali saja.
6. Pasta gigi tidak boleh tertelan apa lagi sengaja ditelan.
7. Hendaknya selalu diingat, bahwa bila sesudah gosok gigi, plak gigi masih tersisa di permukaan gigi, berarti gosok gigi kita tidak efektif dan jadinya tidak bermanfaat.

Catatan : gosok gigi dengan arah keluar masuk mulut bisa menyebabkan leher gigi aus (terkikis jadi legok) serta gusi terangkat ke arah akar gigi, sehingga leher gigi jadi terbuka dan jadi ngilu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar