Kamis, 07 Maret 2013

Triclosan, Bahan Antikuman yang Bahayakan Kesehatan


Pernahkah Anda mendengar kata triclosan? Kata ini mungkin Anda jumpai pada kemasan pasta gigi, sabun mandi, detergen, dan produk lain yang mengklaim bisa membunuh bakteri. Ada benarnya manfaat zat ini untuk membunuh kuman. Hanya saja, ternyata triclosan punya efek samping yang meracuni lingkungan.

Pemerintah Kanada bahkan segera melarang penggunaan triclosan. BPOM-nya Amerika Serikat, yaitu FDA, telah didorong dari berbagai penelitian untuk mengakui adanya “kekhawatiran yang teruji” dari produk yang mengandung triclosan. Paparan dalam jangka panjang dimungkinkan menyebabkan efek tidak baik untuk kesehatan.

Merujuk dari studi yang ada, triclosan mampu mengubah proses normal hormon tubuh dan menjadi racun tiroid. Bahan ini turut diduga menyebabkan bakteri menjadi semakin kuat dalam menghadapi antibiotik dan berubah enjadi superbug. Triclosan juga dikaitkan sebagai penyebab alergi.

Para ahli juga mengatakan, sebenarnya pemakaian sabun biasa dan air sudah punya efek seperti sabun antibakteri yang membunuh kuman. Jadi kurang benar jika dinyatakan hanya sabun antibakteri yang bisa membunuh kuman.

Selain pada sabun, pasta gigi, dan detergen, banyak produk lain yang teridentifikasi dimungkinkan memakai triclosan. Produk tersebut adalah kosmetik, deodoran, dan produk perawatan pribadi lainnya. Sementara itu, barang sehari-hari yang bisa diberikan bahan ini adalah perlengkapan sekolah anak-anak, kaus kaki, bra dan celana, sandal, sepatu, peralatan dapur, dan ratusan produk lainnya.

Ciri khasnya, biasanya produk ditawarkan dengan slogan “bebas kuman”, “antimikroba”, “bebas bau”, bebas bau matahari”, “melawan kuman”, dan sebagainya. Anda juga bisa membaca komposisi bahan antikuman tersebut dengan melihat jenis zat aktif yang ada pada kemasan.

Yuk share / bagikan dan berikan komentar yang bermanfaat siapa tau anda menang sebagai "Most Active Fans" of the month dan berhak mendapat hadiah dari CTK, www.sobatcantik.com

Buat sobat yang tinggal di jogja dan sekitarnya untuk mendapatkan kecantikan alami & Natural bisa datang ke klinik kami add ya account FB kami : http://www.facebook.com/madre.klinik
add pin BB Madre Klinik : 31374A9A

Artikel Menarik Lainnya :

+ Faktor faktor penyebab jerawat sukar di sembuhkan & muka tidak bisa bersih, bisa di baca di Notes kamihttp://on.fb.me/UASVUD

+ Kenapa sih badan gak bisa gemuk padahal sudah banyak makan ? khusus masalah cara menggemukkan / menambah berat badan bisa di baca di notes kami disini : http://on.fb.me/UReGzF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar